Header Ads

Link Banner

Jelang Pilwako Pekanbaru 2017: Kepemimpinan harus Sesuai dengan Potensi Daerah

Tahuid Mahrifatullah Ilmu Pemerintahan '12, Universitas Riau - Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi, Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya. Secara geografis kota Pekanbaru memiliki posisi strategis berada pada jalur Lintas Timur Sumatera, terhubung dengan beberapa kota seperti Medan, Padang dan Jambi, dengan wilayah administratif, diapit oleh Kabupaten Siak dan Pelalawan pada bagian utara dan timur, sementara bagian barat dan selatan oleh Kabupaten Kampar.
Kota Pekanbaru terus menggeliat sebagai kota pusat pertumbuhan ekonomi dan investasi paling prospektif di Indonesia. Berdasarkan survei yang pernah dilakukan Universitas Indonesia tahun 2013 terhadap kota-kota di Indonesia untuk dijadikan tujuan investasi bagi para pengusaha, Pekanbaru dipilih sebagai tujuan investasi terbaik nomor 1. Hal itu terlihat nyata dari kondisi riil saat ini dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan investasi, keamanan yang terjamin dan pelayanan yang memadai, dalam setahun terakhir target investasi Pekanbaru sendiri meningkat signifikan atau naik sekitar Rp5,7 triliun. Meningkatnya realisasi ini ditandai banyaknya investor yang masuk ke Pekanbaru untuk memulai bisnis. Hal ini juga tidak terlepas dari letak geografis kota Pekanbaru sebagai jalur utama transportasi di Riau. Pekanbaru sebagai induk kota Provinsi Riau mempunyai pernanan sangat penting dalam kemajaua Pronvisi Riau baik dari segi pendidikan, agama, ekonomi, sosial, dan kebudayaan, kemajuan tersebut tidak terlepas dari aktor-aktor penyelenggara pemerintah yang didominan oleh kepala daerah sebagai pemangku tertinggi kebijakan di Kota Pekanbaru.
Melihat kondisi Pekanbaru saat ini sebagai tempat tujuan investor terbaik, ini adalah sebuah potensi yang harus tetap di pertahankan oleh Pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru. Jelang Pemilihan Wali Kota Pekanbaru pada tahun 2017 mendatang berbagai bursa calon pun telah muncul di berbagai media, berbagai persiapan pun mulai di persiapkan oleh para aktor yang ingin maju bersaing dalam pemilihan Wali Kota Pekanbaru.
            Mengacu pada potensi dan keadaan multi-etnis di Kota Pekanbaru, membutuhkan sosok pemimpin yang sesuai untuk memimpin, karena sosok pemimpin sangat mempengaruhi perkembangan dan kemajuan Kota Pekanbaru nantinya. Sosok kepemimpinan yang sesuai untuk masyarakat dan Kota Pekanbaru tentu melihat suatu kebutuhan dan kondisi saat ini, dengan keberagaman etnis kultur sosisal membutuhkan pemimpin yang mampu untuk merangkul dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat, dan melihat potensi Kota Pekanbaru saat ini tentu membutuhkan pemimpin yang paham dan mampu untuk mempertahankan potensi-potensi yang telah di miliki oleh Kota Pekanbaru yaitu sebagai Kota Tujuan Investor terbaik dengan cara memahami dari segi perekonomian Kota Pekanbaru agar Pekanbaru tetap menjadi sebagai Kota Tujuan Investor.
Kota Pekanbaru juga sebagai Kota yang berada di Provinsi Riau sering disebut sebagai Bumi Melayu yang mayoritas penduduknya beragama islam, tentu membutuhkan pemimpin yang mengetahui dan memahami agama serta kebudayaan, agar kearipan loka kita tidak hilang tetap dilestarikan untuk generasi kedepaan. Unsur kepemimpinan yang di butuhkan oleh masyarakat dan Kota Pekanbaru tidak kalah pentingnya yaitu pemimpin yang berpendidikan baik dari segi pengetahuan wawasan keagamaan dan kebudayaan, dua unsur ini tidak bisa dilepaskan karena saling berkaitan atau berhubungan. Apabila pemimpin Kota Pekanbaru kedepnya tidak memahami agama dan kebudayaan maka kearipan lokal akan hilang dan Kota Pekanbaru tidak akan mempunyai indentitas sebagai Kota yang berada dalam Provinsi Riau.
Jelang pemilihan Wali Kota Pekanbaru tahun 2017 mendatang, hendaknya masyarakat Kota Pekanbaru benar-benar jelih dan teliti dalam memilih sosok pemimpin yang sesuai untuk memimpin Kota Pekanbaru, Jangan hanya melihat dari satu sisi atau satu aspek saja untuk menentukan pemimpin yang layak untuk menjadi Wali Kota Pekanbaru, masyarakat harus mampu melihat berbagai aspek kepemimpinan para calon nantinya, karena siapa yang memimpin kedepanya mempunyai peranan strategis dalam membuatan kebijakan dan akan sangat  mempengaruhi kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kota Pekanbaru, dengan memilih tepat sasaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Pekanbaru, agar apa yang selama ini telah menjadi prestasi Kota Pekanbaru tetap di pertahankan keberlanjutannya sebagai kota metropolitan dan dapat lebih maju lagi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.