Header Ads

Link Banner

Kiprah si Gondrong Mambang MIT, Alumni Fekon Unri 1970

RIAUPOS.CO, Universitas Riau - Masuk Kampus Unri pada tahun 1970. Fakultas Ekonomi menjadi pilihannya dan mengikuti kuliah setiap hari di Kampus Unri Gobah. Ini membuat HR Mambang Mit, terus belajar dan berkreativitas bersama kelompok belajar di kampusnya. Dengan rambut gondrong sebahu, celana lebar di bawah menjadi memori yang tak terlupakan bagi Komisaris Utama PT Bank Riaukepri ini.

Sebelum menjadi unsur pimpinan salah satu BUMD Provinsi Riau, Mambang Mit seperti yang dikenal juga merupakan Wakil Gubernur Riau dan sempat menjabat sebagai Plt Gubernur Riau pada 2014 lalu. Ia juga dikenal sebagai birokrat sukses dengan segudang prestasi baik di Riau maupun di Kepri.

Tapi, siapa sangka waktu zaman kuliahnya, Mambang Mit sama seperti mahasiswa kebanyakan di zamannya. ‘’Gondrong dulu, celana yang besar di bawah itu. Jadi Ketua Permusyawaratan Mahasiswa juga selama beberapa tahun saat itu,’’ kata Mambang Mit bercerita kepada Riau Pos, Senin (1/2).

Meskipun dengan gaya Slenge’an, namun pria yang kini akrab di sapa Ayah tersebut dengan bangga menambahkan, ia memiliki hak ketika itu untuk memilih ketua senat. ‘’Seperti jabatan MPR, menetapkan dan memberhentikan presiden,’’ katanya disambut tawa renyah.

Lebih lanjut diceritakan Mambang Mit, zaman ia kuliah dulu fakultas baru ada enam. Seluruhnya berkampus di Ronggowarsito. Kemudian fasilitas belum begitu baik seperti sekarang. Memang ia mengapresiasi waktu itu dosen-dosen mempunyai komitmen yang tinggi dalam memajukan pendidikan.

"Memang dosennya terdiri dari asal beberapa kampus di tanah air, karenanya barangkali masing-masing punya tanggung jawab untuk memajukan dan memperlihatkan kualitas dosennya. Kalau wisuda itu, dosen penguji dari Medan, itulah satu-satu Profesor di Ekonomi saat itu," kisahnya.

Adalah Prof Dr Hadibroto yang merupakan doktor akunting pertama di Indonesia. Merupakan dosen penguji Mambang Mit ketika itu. Kemudian juga ditambah dosen-dosen lain dari pemerintahan seperti katanya ada Rivai Rachman, Rajali Yahya dan nama lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.