Header Ads

Link Banner

BEM Unri ikut bersih-bersih kampung pasca banjir di Desa Pulau Rengas

riau24.com, Universitas Riau - Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM-Kesri), BEM Universitas Riau (BEM-UR) dan Kampus Universitas Islam Kuantansisngingi melakukan Aksi Sosial Gotong Royong Bersih-bersih Kampung Pasca Banjir serta Penyuluhan Kesehatan di Desa Pulau Rengas Kecamatan Pangean, Minggu (6/3).

Rozita selaku Koordinator Tim Media Center Dinkesriau.net mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali ke-2, sebelumnya di Desa Buluh Cina Kampar pada bulan Februari yang lalu.   "Hari ini merupakan kegiatan gotong royong jilid ke-2, sebelumnya kegiatan gotong royong paska banjir ini sudah kita laksanakan di Desa Buluh Cina Kabupaten Kampar,"ujarnya. 

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dilokasi adalah berupa kegiatan gotong royong bersama masyarakat, penyuluhan kesehatan dari rumah ke rumah, demo pembuatan saringan dengan tehnologi sederhana dalam upaya penyediaan air bersih dan juga pengobatan masal pasca banjir bagi masyarakat setempat serta pemberian makanan tambahan berupa biskuit bagi anak sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsin Riau, Andra Sjafri mendukung sepenuhnya kegiatan ini,  karena di anggap bentuk pengabdian civitas akademika dan merupakan langkah awal yang diharapkan akan menjadi trend positif dan motivasi bagi masyarakat maupun komunitas-komunitas yang berkeinginan berkontribusi dalam meringankan beban masyarakat terutama pasca bencana.

"Selama ini kegiatan tanggap bencana hanya dilakukan pada saat bencana, padahal banyak permasalahan yang timbul justru pada saat pasca bencana seperti lingkungan yang tidak bersih, penyakit-penyakit yang mungkin akan timbul karena sanitasi dan sumber air yang tidak baik. Kita berharap kegiatan ini dapat dilakukan juga di desa-desa lainnya yang juga mengalami bencana banjir," ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.