Header Ads

Link Banner

KaSEI FE Unri tuan rumah FGD Fossei se-RIau

Universitas Riau -  Jum'at (11/3) Kajian Studi Ekonomi Islam (KaSEI) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Riau (Unri) adakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tuan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (Fossei) Komisariat Riau di Gedung Yudisium FE yang akan terus dilaksanakan dua kali dalam satu bulan.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri seluruh perwakilan mahasiswa Fakultas Ekonomi di Riau yang tergabung dalam Fossei. FGD yang dibuka langsung Wakil Dekan III, Wahyu Hamidi mengambil tema "Jual beli online dalam pandangan islam". Jual beli online sangat berkembang pada saat sekaang dengan tujuan mempermudah proses jual beli bagi siapa saja yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja langsung ke tempat penjualnya. 

"Dalam pandangan islam jual beli diperbolehkan apabila antara penjual dan pembli terjadi kesepatakan, dimana sudah dijelaskan dalam Alqur'an surah An-Nisa ayat 29 yang artinya Hai orang-orang yang beriman, janganlah kami saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantaramu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu," jelas Reza, Ketua Umum KaSEI FE Unri.

Pada ayat diatas sudah jelas jual beli diperbolehkan apabila adanya unsur kesukarelaan antara penjual dan pembeli. Dalam pandangan islam jual beli online terbagi atas dua yaitu halal dan haram. Dikatakan halal apabila proses transaksi tersebut sesuai dengan syariat islam dimana adanya akad dan barang yang jelas serta terpenuhinya syarat-syarat jual beli, seperti terpenuhinya informasi tentang barang yang dijual, dan dikatakan haram apabila system serta proses transaksi tidak memenuhi syarat jual beli seperti tidak adanya barang yang dijual serta adanya indikasi penipuan. “Islam itu dinamis dan harus dijalankan sesuai dengan syariat islam," tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.