Header Ads

Link Banner

Ahmad Alumni Manajemen, Birokrat Sarat Pengalaman

H Ahmad Hijazi SE MSi (Manajemen Fakultas Ekonomi Unri, 1993)

www.terasunri.com - Memulai dari awal lebih baik dari pada memulai di tengah jalan. Mungkin hal tersebut yang membawa alumnus Manajemen Fakultas Ekonomi Unri ini mencapai puncak karir sebagai birokrat di daerah. 

Ditunjuk sebagai Sekretaris Daerah Proivinsi Riau, H Ahmad Hijazi SE MSi menjadi buah dari kerja keras dan kemauannya untuk terus belajar. Buktinya, ia memulai sebagai karir sebagai PNS yang saat ini dikenal sebagai aparatur sipil negara (ASN) dari nol yaitu sebagai staf Bina Program Kanwil Departemen Perindustrian Riau pada 1994. 

Karena dinilai memiliki kinerja yang baik, berbagai jabatan sempat diamanatkan kepada putra kelahiran Indragiri Hilir ini di beberapa daerah. Sebut saja di Bengkalis, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan terakhir di Bappeda Riau. Meski begitu, ia tetap meyakini ASN yang merupakan pelayan masyarakat juga dituntut untuk terus meningkatkan kemampuannya, terutama dalam hal konektivitas seluruh ASN.

‘’ASN itu amanat yang besar untuk melayani masyarakat. Tapi kita juga jangan terkungkung akan perilaku yang sudah ada. Kita ini dituntut untuk terus meng-upgrade kemampuan terutama dalam hal konektivitas sesama ASN. Diharapkan dengan begitu, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal. Keinginan saya seperti itu, dan tetap memerlukan kerja sama semua pihak yang mengaku sebagai ASN,’’ ujar birokrat yang sudah dipercaya menjabat di banyak tempat.

Disebutkan Ahmad, apa yang dicapainya saat ini tidak lepas dari apa yang didapatkan dalam menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Unri. Ia juga mengakui, banyak langkah kerjanya saat ini dipengaruhi oleh proses belajarnya di masa mahasiswa. 

Di antaranya dengan kegiatannya di berbagai organisator membawanya dalam sebuah manajemen kepemimpinan yang andal. 

Pernah dipercaya menjadi pimpinan himpunan mahasiswa asal Indragiri Hilir, sedikit banyak memberikan pengalaman untuk memimpin.

‘’Ada banyak pengalaman yang didapat pada saat kuliah. Selain teori, juga dalam hal praktik serta turun langsung ke lapangan. Sedikit banyak apa yang saya dapatkan di bangku kuliah itu yang membentuk karakter saya saat ini,’’ terangnya.

Hasil dari kerja kerasnya sebagai ASN juga menuai beberapa penghargaan. Di antaranya Anugerah Kenaikan Pangkat Prestasi Luar Biasa dari Wali Kota Batam pada 2003, meraih Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 tahun dari Presiden RI pada 2006, dan meraih penghargaan atas pengabdian sebagai ketua/anggota Badan Penyelesaiaan Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam Periode 2008-2013 dari Wali Kota Batam. Terkhusus untuk Provinsi Riau dimana ia saat ini dipercaya menjabat sebagai Sekda, Ahmad Hijazi mengaku prinsip Riau memanfaatkan dan meningkat teknologi yang andal, kualitas SDM dengan melek IT adalah upaya untuk menciptakan birokrasi yang tangguh.


Sumber : http://www.riaupos.co/131186-berita-birokrat-sarat-pengalaman.html#ixzz4NDucplRW

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.