Header Ads

Link Banner

Alumni Ini Ajarkan Jiwa Entrepreneurship

rs H Daeng Ayub Natuna MPd (PLS FKIP Unri, 1981)

www.teraunri.com - Dunia pendidikan saat ini dinilai selalu terlambat melakukan penyesuaian diri dengan perubahan zaman. Hal ini terjadi karena dalam dunia pendidikan itu tidak begitu saja berlaku rumus umum efisiensi, efektivitas, dan produktivitas. Karena itu, pendidikan hendaknya bisa menjadi agen perubahan yang mampu secara proaktif menciptakan perubahan dengan mendasarkan diri guna merespon perubahan. 

Hal ini disebutkan Drs H Daeng Ayub Natuna MPd saat dijumpai Riau Pos. Alumni Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Unri ini kerap melakukan penelitian yang berkaitan degan hal tersebut. Terbukti, dari beberapa kepala sekolah yang menjadi objek penelitiannya, mereka yang memiliki gaya berpikir bisnis memiliki kiprah yang lebih baik dan mampu memajukan sekolah. Mereka yang memiliki gaya enterprainer akan mampu membawa sekolah ke arah yang lebih maju dengan melihat peluang yang ada.

‘’Mengingat besarnya manfaat dari gaya berpikir entrepreneur ini, maka seharusnya pendidik juga mampu memberikannya kepada siswa maupun mahasiswa. 

Jika ia mampu menumbuhkan dan menyebarkan jiwa tersebut, tentu akan membuka pikiran mereka sedini mungkin bahwa apapun sebenarnya bisa menjadi peluang usaha. Makanya, dosen atau guru yang bersifat seperti itu lebih memberikan peluang kepada anak didiknya,’’ ujar mantan Pembantu Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Kepulauan Riau ini.

Sebagai bentuk upaya upaya tersebut, ia memulai dari dirinya sendiri dengan kerap mengajarkan jiwa enterprainer dalam memberikan ilmu kepada anak didiknya. 

Harapannya cukup simpel, di mana kelak anak didiknya tidak terkurung dalam konotomi disiplin ilmu yang didapat. Sebagai contoh, dalam dunia saat ini tidak ada larangan seorang guru atau sarjana pendidikan untuk juga bisa menjadi seorang wiraswasta. Banyak cara yang diaplikasikan dia dalam mengajarkan anak didiknya untuk bisa survive di dunia kerja saat ini.

‘’Jangan sampai terjebak dengan hal yang saat ini didapat dari ilmu formal saja. Tapi kita bisa memberikan mengembangkan diri dengan skill, karena kita tdak akan pernah tahu apa yang diperlukan dimasa akan datang,’’ sebutnya.

Sumber : http://www.riaupos.co/131061-berita-ajarkan-jiwa-entrepreneur.html#ixzz4NDtXhhHa

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.