Header Ads

Link Banner

Alumni Teknik Sipil UR Pilih Entrepeneur Berkat Baca Peluang

Irwan Yuliadi AMd SIP (D III Teknik Sipil Unri Angkatan 2001)
www.terasunri.com - Gerakan Pramuka dewasa ini menjadi satu-satunya kepanduan yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga dikuatkan dengan terbitnya UU terkait Kepramukaan itu sendiri. Sebagai kegiatan di luar sekolah, pramuka disebut memiliki banyak pelajaran dalam pembentukan karakter anggotanya atau biasa disebut sebagai praja muda.

Berawal dari sana juga, Irwan Yuliandi Amd SIP belajar untuk menjadi mandiri. Meski menamatkan kuliah di Diploma III Teknik Sipil Fakultas Teknik Unri, namun justru kegiatan kepramukaan yang diikutinya di Unri yang meninggalkan bekas dalam dirinya.

Selesai dari masa perkulihannya, Irwan bisa mengabdi di Kwartir Derah (Kwarda) Riau sebagai staf. Selain itu, ia juga menjadi seorang entrepreneur dengan membuka usaha yang berhubungan dengan kelengkapan pramuka. Atas dasar itu, Irwan benar-benar merasa organisasi yang diikutinya pada saat kuliah di Unri mengubah sikap dan dirinya untuk lebih maju.

‘’Saya ikut pramuka dari awal dan berproses. Mulai dari siaga, penggalang, penegak, pandega, pembina dan saat ini pelatih pembina. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari sana di luar dari dunia perkulihan yang saya jalani. Memilih di jalur entrepreneur ini juga berkat mampu membaca peluang mandiri bagaimana bisa meningkatkan kulitas kita,’’ terang Irwan.

Disebut Irwan, pada saat kuliah dulu, organisasi pramuka yang digelutinya mengajarkannya akan kemandirian dan pembentukan krakter yang unggul. Saat ini, menjual perlengkapan pramuka membuatnya menjadi bagian penting dalam membangun keperamukaan itu sendiri di Bumi Lancang Kuning Riau ini. Pasalnya, dengan pengetahuannya di bidang kepramukaan dapat membantu anggota pramuka lainnya dalam melengkapi atribut sakral dari gerakan kepramukaan.

 Hasilnya, Irwan menjadi salah satu yang bisa menyediakan perlengkapan pramuka di Pekanbaru yang juga memahami soal kepramukaan itu. Jadi tidak mungkin salah dalam penerapan di pakaian yang digunakan.


Ia juga bergabung menjadi salah satu anggota Purna Prakarya Muda Indonesia. Berkat dari organisasinya tersebut, Irwan sudah hampir mengelilingi Indonesia dan mendapat pengakuan dari berbagai kegiatan kepramukaan maupun kepanduan dunia.

Namun saat ini diakuinya, minat akan kepramukaan tersebut sudah mulai turun dan berkurang dan untuk itu ia berharap dapat mengambil salah satu peran di sana.

‘’Selain kuliah mendapatkan ilmu dan bekal untuk masa depan, dengan ikut organisasi ini juga menjadi nilai tambah akan skill dan kemampuan kita. Tidak hanya bisa diterapkan dalam berpramuka saja, tapi juga dalam menjalankan hidup sehari-hari,’’ ujarnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.