Header Ads

Link Banner

BEM UR Adakan Kunjungan ke Jikalahari Bahas Karlahut

www.terasunri.com - Kamis (6/10) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) melalui Kementerian Lingkungan Hidup (Kemenlindup) adakan kunjungan ke Jaringan kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari).

Kunjungan dipimpin langsung oleh Mentri Lingkungan Hidup, Aidil Fitra. Kunjungan ini disambut baik oleh Woro Supartinah selaku Kordinator Jikalahari.

Dalam kunjungan yang di mulai pada pukul 13.30 WIB ini bertujuan meningkatkan silaturahmi, menyatukan presepsi serta membangun kerja sama dalam isu lingkungan khususnya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Provinsi Riau.

Dalam diskusi Woro selaku kordinator Jikalahari menyampaikan permasalahan-permasalahan Karlahut yang tidak kunjung selesai.

Woro supartinah menjelaskan bahwa karlahut ini merupakan dampak dari buruknya tata kelola hutan dan lahan wilayah Riau serta pemberian izin kepada perusahaan yang dengan mudah nya di peroleh perusahaan.

Beliau juga memaparkan kondisi hutan saat ini yaitu tercatat pada tahun 1992 dari 5.7 juta Ha hutan Riau dan 2.1 juta Ha hutan Riau telah di alih fungsikan menjadi kawasan HTI, 2.6 juta Ha menjadi perkebunan kelapa sawit, dan 1 juta Ha merupakan hutan lindung serta lahan milik pemerintah.

"Permasalahan Karlahut tidak akan selesai jika hulu permasalahan tidak di atasi seperti RTRWP, Tapal batas serta ketegasan dari pemerintah dan pihak penegak hukum di Provinsi Riau ini", ujar Woro Supartinah.

Dalam diskusi ini peserta diskusi sepakat bahwasan nya permasalahan hulu ini harus di bentuk Tim Khusus dalam mengelola rencana tata ruang wilayah provinsi ini.

"Setiap elemen memiliki peran penting dalam kasus Karlahut, terutama mahasiswa yang sebagai generasi pembawa perubahan", tutur Aidil selaku Menteri Lingkungan Hidup BEM UR.

Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama.

Sumber : Facebook Bem Universitas Riau

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.