Header Ads

Link Banner

Dekan FISIP UR akan Ikuti Fesmed di Pekanbaru


www.terasunri.com - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau (UR) dan Pembantu Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Pekanbaru sangat antusias mengikuti Festival Media (Fesmed) 2016, 19-20 November mendatang.

Mahasiswa Komunikasi di dua Perguruan Tinggi Negeri tersebut akan berperan serta mensukseskan Fesmed Ke-5 yang ditaja Aliansi Jurnalis Independen (AJI) tersebut.

"Momen ini sangat baik untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa kami di bidang jurnalistik dan broadcasting,"kata Dekan Fisipol UR, Drs. Syafri Harto, MSi di hadapan panitia Fesmed 2016 yang melakukan audiensi, Selasa, 11 Oktober 2016.

"Kami akan menganjurkan bahkan mewajibkan mahasiswa Jurusan Komunikasi untuk mengikuti agenda Fesmed seperti workshop dan lomba-lomba,"tambah Safriharto.

Hal senada juga disampaikan Pembantu Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN, DR Elfiandri, MSi. "Bila perlu, saat penyelenggaraan Fesmed nanti, dosen-dosen akan mengabsen mahasiswa di sana,"katanya.

"Informasi ini akan kami berikan tidak hanya pada Jurusan Jurnalistik, tetapi juga jurusan-jurusan lain. Termasuk mahasiwa semester awal,"terang Elfiandri.

Pada audiensi tersebut, pnitia Festival Media 2016 secara detil menjelaskan apa itu Festival Media dan apa saja yang ada di festival tersebut."Festival Media merupakan agenda tahunan sempena Hari Ulang Tahun (HUT) AJI. Di HUT Ke-22 tahun ini, AJI memutuskan untuk menggelarnya di Pekanbaru dan mengangkat Tema "Media Cerdas, lestarikan Bumi " Tahun ini merupakan Fesmed Ke-5 dan pertama di luar Jawa,"kata Ketua Panitia Fesmed 2016, Eko Faizin.

"Di acara tersebut ada bermacam-macam workshop, talkshow, lomba, pameran dan hiburan. Diantaranya Workshop Monetize Media Online, Menjadi Presenter, Data Journalism dan masih banyak lainnya,"terangnya. 

Lomba yang dilenggarakan antara lain, lomba film pendek bertema lingkungan, stand up comedy, lomba mading dan mewarnai. Tidak hanya itu, ada pameran foto, kartun dan 70 stand dari berbagai AJI Kota di Indonesia, media dan kalangan dunia usaha dan pemerintah.

"Karena ini event yang mempertemukan para pekerja media dan audiensnya, maka event dikemas dengan sangat menyenangkan. Jadi juga ada hiburan seperti pemutaran film dan pertunjukan musik,"jelas Eko.

Antusiasme pihak UR dan UIN tidak hanya ditunjukkan dengan peran serta sebagai peserta workshop dan lomba saja, tetapi juga mengisi stand dan menjadi volunter. Bahkan UR dan UIN ingin menjalin kerja menjalin kerjasama lebih lanjut. Untuk itu, masing-masing pihak menganggap perlu ada Memorandum of Understanding (MoU) antara AJI Pekanbaru.

Ketua AJI Pekanbaru menyambut baik kerjasama tersebut. "Ajang Festival Media langkah awal kerjasama antara AJI dan Perguruan Tinggi di Riau. Kita berencana akan membuat MoU dan ditandatangani di momen Fesmed nanti,"kata Ketua AJI Pekanbaru, Fakhrurrodzi.

Audiensi ke dua kampus hari ini adalah bagian dari agenda Roadshow Panitia Fesmed 2016 ke Perguruan Tinggi di Pekanbaru. Sebelumnya panitia yang terdiri dari pengurus AJI Pekanbaru dan Forum Pers Mahasiswa (Persma) Riau telah melakukan roadshow ke sejumlah media yang ada di Riau. Hadir pada audiensi di UR dan UIN Suska siang tadi, unsur pimpinan jurusan dan sejumlah dosen Ilmu Komunikasi.


Sumber : http://reportaseriau.com/read-5942-2016-10-12-drssyafri-harto--fesmed-momen-menambah-pengetahuan-dan-wawasan-mahasiswa.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.