Header Ads

Link Banner

IMS UR bersama LMPI Ajak Masyarakat Waspadai Kekerasan Seksual

Foto Bersama Sosiologi UR bersama LMPI
www.terasunri.com - Sexual crimes memang di Indonesia saat ini menjadi momok yang menakutkan banyak orang, tak terkecuali para orang tua yang anak-anaknya menjadi sasaran para pelaku. 

Kekerasan seksual merupakan perilaku yang berkaitan dengan seks yang tidak diinginkan. Baik secara verbal maupun fisik yang merujuk pada area seksual dengan paksaan. 

Kekerasan yang dilakukan oleh korban memang sedikit susah untuk mengetahuinya, yaitu kesulitan dalam mengidentifikasi korban, pertama adanya rasa malu, kedua adanya rasa tidak berdaya, ketiga penyangkalan, guilty feeling, victim blaming, dan kebingunan terhadap peristiwa terjadi. Itulah 6 kesulitan dalam identifikasi korban.

Jenis kekerasan seksual itu ada dua berdasarkan identitas pelaku, yakni familial abus dan extra familial abus.

Pelecehan seksual, pada dasarnya, bukan soal seks, akan tetapi berupa penyalahgunaan kekuasaan atau otoritas, sekalipun pelaku mencoba menyakinkan korban dan dirinya sendiri bahwa ia melakukannya karena seks atau romantisme. 

Siapa korbannya ? 
Pelaku, umumnya akan memilih korban yang umurnya lebih muda, relatif pasif atau kurang asertif, naive, harga diri rendah, dan hal lain yang membuatnya lebih rentan. 

Jika, kita melihat kekerasan seksual berada disekitar kita, segera melapor kepihak yang berwenang atas kasus tersebut. 

Hanya 3 L, yakni Lihat, Lapor, dan Lindungi. 

Itulah yang dilakukan mahasiswa gabungan, dalam Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia dan bantuan beberapa kawan-kawan mahasiswa Universitas Riau, bergerak dan mengajak masyarakat untuk mewaspadai permasalahan kekerasan seksual tersebut. Pada, Minggu, (16/10), di CFD Diponegoro (Dipo), Mahasiswa ini menggelar aksi atau ajakan atas kegelisahan kita semua akan kekerasan seksual itu, dengan berkeliling seputaran Dipo dan menyuarakan 3 L : Lihat, Lapor, dan Lindungi. 

Dengan demikian, ketika kita melihat kejadian diatas yakni kekerasan seksual, marilah sama-sama kita Lihat, Lapor, dan Lindungi, ingat 3 L.
 
 
Sumber : http://www.ims-fisip-ur.com/2016/10/inilah-cara-menjegah-kekerasan-seksual-3-l.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.