Header Ads

Link Banner

Jadi Tuan Rumah Temil MITI Sumbagut, Universitas Riau Kenalkan Kebudayaan Melayu

www.terasunri.com - Kegiatan Temu Wilayah Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia (MITI) Se-Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang tahun ini diadakan di Universitas Riau (UR) yang ditaja oleh UR Cendekia yang berlangsung selama 2 hari, mulai 10-11 Oktober kemarin.

Kegiatan  yang bertujuan sebagai perkenalan antar delegasi tersebut dihadiri oleh beberapa Mitra MITI KM yaitu USU, UNAND, Gemail, UNIMED, Unsyiah Kuala,UIN SUSKA Riau, dan MITI Pusat dengan urutan kegiatan malam Temu Ramah pada, Minggu pukul 08.00 - 10.00 WIB yang dilaksanakan di Plaza Hotel Mona Pekanbaru.


"Terimakasih atas penyambutan yang diberikan dari panitia dan penyediaan fasilitasnya semoga dengan mengikuti kegiatan ini ada oleh-oleh yang dapat di bawa untuk perbaikan lembaga di kampus masing-masing mitra kedepannya", tutur salah satu delegasi.

Esok paginya Senin (10/10) dilanjutkan dengan pembukaan pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Perwakilan WR III dan Perwakilan Walikota Pekanbaru.

" Saya sangat mengapresiasi yang mampu melaksanakan kegiatan Temu Wilayah yang ditaja oleh UR Cendekia dan merupakan kebanggaan dari Riau sehingga dapat memperkenalkan Riau dan Melayunya kepada masyarakat luar", ungkap Dr Hj Mutia Erja, MM.

Kemudian dilanjutkan  dengan Seminar Kebudayaan dengan pemateri Drs Al Azhar, MA (Konsulat Malaysia) yang menceritakan tentang Riau The Homeland of Melayu. Beriringan dengan kegiatan tersebut juga diadakan Final Lomba Essay dengan jumlah peserta 23 orang yang terdiri dari beberapa Universitas di Indonesia dan dihadiri juga Dr Rian Vebrianto,MEd. selaku dewan juri pada lomba tersebut.

Setelah presentase essay selesai dilanjutkan dengan acara dari MITI yaitu Kelas Pembinaan Kelembagaan dan Riset. Pada pukul 20.00 - 22.00 WIB dilanjutkan dengan FGD Delegasi dengan MITI Pusat.

" Untuk membangun suatu kelembagaan keilmuan tidaklah mudah, perlu adanya beberapa proses yang harus dilalui. Dan jadilah pemimpin yang kreatif untuk menciptakan suasana ilmiah di lembaga tersebut" jelas  Muhammad Rokim,SSi, Korwil MITI Sumbagut.

Pada hari kedua, Selasa (11/10) dilaksanakan Seminar Beasiswa dengan Pemateri Dr Ihsan Iswaldi,MSi,MSc yang merupakan penerima beasiswa S2 & S3 Spain. Kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan Momerandum Of Understanding (MOU) oleh masing-masing Mitra MITI Sumbagut yang dipimpin oleh Cahyo,SE.

Sampai pada penghujung acara dan sekaligus pengumuman lomba essay dengan pemenang juara pertama, Nurul Azizah dari Universitas Riau. Untuk juara kedua diraih oleh Muhammad Zakiul Fikri dari Universitas Islam Indonesia dan juara ketiga Surti Risanti dari Universitas Riau

Sebagai Best Motivated diraih Khairunia Hasanah dari Universitas Negeri Medan, Best Conference diraih Nurul Azizah dari Universitas Riau, Best Presentation diraih Muhammad Zakiul Fikri dari Universitas Islam Indonesia dan Best Speaker diraih Tri Sumaria dari Universitas Sumatera Utara

Kemudian kegiatan Temu Wilayah ini diakhiri dengan Fieldtrip di beberapa tempat di Pekanbaru yaitu Pustaka Wilayah, Masjid An-nur dan toko oleh-oleh di pasar bawah. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.