Header Ads

Link Banner

KEREN ! Mahasiswa UR Jadi Menteri Sehari

Nur Annisa, mahasiswi Hubungan Internasional FISIP bersama Menaker RI
www.terasunri.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 11 Oktober 2016, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI bekerjasama dengan Plan Internasional menyelenggarakan agenda “Girls Leadership: Sehari Menjadi Menteri “. 

Agenda ini merupakan bagian dari kampanye global dengan tema besar “Because I am A Girl” dan bertalian erat dengan peran  Kemnaker dalam upaya menghapus pekerja anak di Indonesia dan kesetaraan gender untuk memperoleh pekerjaan yang layak.

Nur Annisa, mahasiswi Hubungan Internasional FISIP Universitas Riau (UR) berhasil dipilih oleh Menaker M Hanif Dhakiri menjadi Menteri Ketenagakerjaan memimpin 10 orang rekan lainnya dalam role play yang membahas upaya-upaya penghentian pekerja anak di Indonesia.

Dalam acara ‘Sehari Menjadi  Menteri’, sang menteri yang terpilih memimpin rapat, layaknya rapat pimpinan di kementerian, yang membawahi Pejabat Eselon I dan II yang juga dipilih dari para finalis tersebut.

Mahasiswi angkatan 2016 ini mengatakan keikutsertaanya dalam kegiatan Sehari Menjadi Menteri bermula dari sayembara vlog bertema “Penghapusan  Pekerja Anak” yang diadakan oleh Plan Internasional Indonesia. Dari proses seleksi melalui video blog (vlog) berdurasi 30 detik yang diunggah, terpilih 11 remaja dari total 600 peserta.

Saat dikonfirmasi, Icha sapaan akrabnya menjelaskan keunggulannya hingga dapat  dipilih menjadi Menteri Sehari.

“Proses karantina berlangsung 7-10 Oktober dimana peserta dinilai kegiatan, keaktifan, kesopanan, tutur kata dan aktivitas selama kegiatan berlangsung. Intinya semua peserta punya keunggulan, tapi yang membedakannya icha suka bertanya,” ungkapnya.

Remaja asal Kabupaten Siak ini menyadari kontribusinya sebagai mahasiswi sedikit demi sedikit mampu untuk memperkenalkan dan membangun kampus UR lebih baik untuk negara.

“Seperti yang dikatakan John F Kennedy, jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakan apa yang dapat kamu berikan pada negaramu,” tutur remaja yang pernah mewakili Riau diajang Forum Anak Nasional Tahun 2015 ini.

Melalui moment peringatan Hari Anak Perempuan Internasional, Pemerintah Indonesia berupaya  meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. Baik untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia maupun masyarakat internasional.
 
Acara Sehari Menjadi Menteri ini  mengajak semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan juga dunia usaha untuk memberikan kesempatan bagi anak perempuan untuk belajar, memimpin, mengambil keputusan, serta mengembangkan potensi maksimalnya, guna meningkatkan kualitas hidup anak perempuan di seluruh dunia.

Lewat prestasinya menjadi Menteri Sehari, Icha memperoleh reward kunjungan Belajar ke Kamboja dan Sri Lanka bulan November mendatang oleh Kemenaker RI.


Sumber : http://kemahasiswaan.unri.ac.id/nur-annisa-mahasiswa-ur-jadi-menteri-sehari/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.