Header Ads

Link Banner

MTQ UR Usai, Siap Wakili di Tingkat Nasional

www.terasunri.com - Universitas Riau (UR) kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Universitas yang diikuti oleh mahasiswa perwakilan fakultas, 7-8 Oktober lalu. Kegiatan rutin dua tahunan ini juga dipersiapkan sebagai ajang penyeleksian untuk mengikuti MTQ tingkat nasional yang akan berlangsung tahun 2017 mendatang.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syafrial MPd membuka acara yang berlangsung di venue panjat tebing UR ini. Kegiatan MTQ diawali dengan Seminar Al-Quran, mendatangkan Ust. Abdurrahman SPd sebagai pembicara dan dilanjutkan dengan 3 (tiga) cabang lomba, Tartil, Tilawah dan Tahfidz (1, 5, 10 Juz).
Disampaikan oleh Ahmad Jihadul Ilmi, Ketua pelaksana dari UKMI Ar-Royan, kegiatan berjalan lancar dan mendapat sambutan dari mahasiswa UR.
“Dari tiga cabang lomba yang diadakan alhamdulillah kegiatan MTQ berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dikalangan mahasiswa UR. Peserta lomba tampak sangat antusias dalam berkompetisi, terlihat dari usaha mereka untuk tampil maksimal,” tutur Ilmi saat dimintai dikonfirmasi.
Dalam laporannya, Penanggung jawab kegiatan MTQ  Universitas, Mahdum PhD mengatakan sebelum terlaksananya kegiatan MTQ tingkat Universitas, MTQ telah digelar ditingkat fakultas guna menjaring kalifah-kalifah terbaik Universitas Riau.
“Masing-masing fakultas sudah terlebih dahulu menggelar MTQ, dan hasil penjaringannya diikutsertakan pada MTQ tingkat Universitas,” jelas Wakil Dekan III FKIP ini.
Hal senada juga disampaikan oleh Syafrial, yang mengharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan kehidupan Islami di kampus. Peserta dan pemenang nantinya dapat menjadi khalifah pengukir prestasi sehingga nantinya dapat mewakili UR di ajang nasional.
Penerapan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan kampus tema yang dipilih pihak penyelenggara diharapkan dapat disambut dengan baik oleh mahasiswa UR.
“MTQ merupakan kegiatan yang sangat baik untuk dikembangkan setiap tahunnya, karena dapat menyalurkan potensi mahasiswa yang memiliki kompetensi dan tentunya diharapkan dapat memotivasi mahasiswa UR untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-harinya,” tutup Ilmi.
Berikut Daftar Pemenang MTQ Universitas Riau
Cabang Tartil :
Ikhwan
Juara 1 : Eko Febrianda (FPIK)
Juara 2 : Rofizal (FISIP)
Juara 3 : Ammarullah (FT)

Akhwat
Juara 1 : Isma Fitria Ningsih (FMIPA)
Juara 2 : Nitia Wijaya (FEKON)
Juara 3 : Mawaddah Warahmah (FISIP)

Cabang Tilawah
Ikhwan
Juara 1 : Fikri
Juara 2 : Robi
Juara 3 : Reza

Akhwat
Juara 1 : Mawaddah
Juara 2 : Isma
Juara 3 : Windi

Cabang Tahfidz
Ikhwan (1 Juz)
Juara 1 : M. Ridho (FKIP)
Juara 2 : Emil Kostarino (FMIPA)
Juara 3 : Aldo Irawan (FISIP)

Akhwat (1 Juz)
Juara 1 : Faizah (PSIK)
Juara 2 : Reni Lestari (FH)
Juara 3 : Apriza Fatmala (FMIPA)

Ikhwan (5 Juz)
Juara 1 : M. Nofrianda (FT)

Akhwat (5 Juz)
Juara 1 : Fitri (FKIP)

Sumber : http://kemahasiswaan.unri.ac.id/kalifah-ur-pengukir-prestasi-diajang-mtq/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.