Header Ads

Link Banner

Tingginya Angka Kekerasan pada Perempuan, BEM UR adakan diskusi bersama LAM Riau

www.terasunri.com - Kamis (6/10) Kementerian Pemberdayaan Perempuan (KemenPP) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) kembali adakan diskusi dengan mengangkat tema "Sudut Pandang Budaya Melayu dalam Menanggapi dan Mencegah Kekerasan pada Perempuan".

Salah satu aksi nyata yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan adalah dengan adakan diskusi bersama Hj Nuraini OK Fauzi yang dihadiri oleh Mahasiswa dan KemenPP.

Dalam diskusi yang berlangsung pada pukul 16.00 WIB yang bertempat di Sekretariat BEM UR membahas mengenai permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Nuraini menjelaskan ini adalah permasalahan yang sering terjadi dan dialami wanita. Namun banyak yang tidak berani melaporkan kepada pihak berwajib dikarenakan ancaman yang dilakukan suami dan perasaan malu pada lingkungan sekitar.

"Ini merupakan pemikiran yang salah karena tidak seharusnya memendam sendiri permasalahan yang dihadapi", ujarnya

Mengingat tingginya angka kekerasan yang diterima wanita, sudah seharusnya wanita memiliki pengetahuan dan tekad yang bulat untuk melaporkan.

Sebenarnya peran keluarga dan lingkungan sekitar sangatlah besar. Karena dengan lingkungan yang kondusif akan meminimalisir terjadinya hal seperti ini.

Kaitannya dengan budaya melayu adalah karena kita tinggal di negeri melayu maka ada baiknya kita melihat bagaimana budaya melayu memandang kekerasan terhadap perempuan.

"Peran dan kedudukan wanita dalam budaya melayu sangatlah tinggi.Tidak seharusnya dirusak oleh hal yang berbau kekerasan", paparjar Nuraini selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan (PP) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

"Kekerasan terhadap perempuan itu merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji. Tidak seharusnya perempuan diperlakukan seperti itu dan budaya melayu sendiri sangat bertentangan dengan kekerasan apalagi kekerasan terhadap perempuan", tutup Sri Oke Suryani sekalu Menteri Pemberdayaan Perempuan BEM UR.


Sumber : Facebook Bem Universitas Riau

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.