Header Ads

Link Banner

UR Teken MoU dengan Yayasan Matauli, Akan dirikan STPK

Rektor Unri Prof Aras Mulyadi menyerahkan Plakat kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Akbar Tanjung di Rektorat Unri, Selasa (18/10/2016).

www.terasunri.com - Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) berencana mendirikan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli Pandan. Dengan menggandeng Universitas Riau (Unri) Yayasan Matauli melakukan Memorandum Of Understanding (MoU), Selasa (18/10).

Informasi tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pembina Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Akbar Tanjung, usai kegiatan kepada Riau Pos.Ia juga menyebutkan dasar didirikannya sekolah tersebut mengingat saat ini 3,3 juta tenaga kerja dibutuhkan dari bidang perikannan maupun kelautan.

Sedangkan, jumlah tenaga kerja yang ada saat ini 17.000. Jumlah tenaga yang ada tidak sebanding dengan dibutuhkan untuk perikanan dan kelautan. 

"Tapteng dan Kota Sibolga itu tepat berada dipesisir Samudera Hindia atau Samudera Indonesia yang potensi perikanannya sangat besar. 

Sayangnya, potensi besar itu belum dikelola secara optimal akibat masih terbatasnya sumberdaya manusia kita, khususnya yang berada didaerah sekitar. Itulah dasar utama kami dari Yayasan Matauli untuk mendirikan STPK Matauli, untuk mencetak tenaga-tenaga ahli dibidang perikanan dan kelautan, khususnya yang berasal dari Tapteng Sibolga nantinya,” jelasnya

Dikatakan, Indonesia akan menghadapi MEA, tentu dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan handal di bidang kemaritiman, sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Ia juga mempresentasikan, prospek pendirian sekolah tinggi perikanan di wilayahnya sangat memungkinkan.


Sumber : http://m.riaupos.co/131801-berita-unri-mou-dengan--yayasan-matauli.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.