Header Ads

Link Banner

WOW ! UR akan Dirikan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan

www.terasunri.com - Dinilai sebagai Universitas yang telah berpengalaman dan matang pada Program Studi (Prodi) Perikanan dan Kelautan, yayasan Maju Tepian Nauli (Matauli) jalin kerjasama dengan Universitas Riau (UR) terkait rencana mendirikan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan. 
 
Penandatanganan nota kesepahaman bersama itu dilaksanakan Selasa (18/10) di aula rektorat kampus UR. Dari pihak UR dilakukan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UR Prof Dr Ir Bintal Amin MSc, dan dari Yayasan Matauli ditandatangani oleh Ketua Yayasan Matauli Dr Kusairin Pasaribu.

Yang dilanjutkan dengan pendatanganan aksi dari kerjasama yang telah dilakukan oleh Ketua Pembina Yayasan Matauli Ir H Akbar Tanjung dengan Rektor UR Prof Dr H Aras Mulyadi DEA. Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan dan Kelautan itu sendiri akan dibangun di Sibolga Sumatera utara yang telah disiapkan pihak yayasan.

"Selama ini kita memang selalu konsen dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), tapi baru sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana para lulusan dari sekolah-sekolah dibawah yayasan Matauli ini sudah banyak yang menuntut ilmu lebih tinggi lagi diberbagai universitas ternama di pula Jawa, dan juga dipulau Sumatera," jelas Ketua Pembina Yayasan Matauli Ir H Akbar Tanjung.

Dia mengatakan pemilihan UR sebagai universitas untuk mewujudkan pendirian Sekolah tinggi tersebut karena didasari oleh keberadaan Fakultas Perikanan dan kelautan yang ada di UR sudah berada sejak tahun 1963 lalu, dan merupakan salah satu fakultas tertua di UR.
"Kita selama ini konsen pada pelaksanaan menciptakan SDM berkualitas melalui sekolah unggulan. Jadi dengan keberadaan Fakultas Perikanan dan Kelautan UR yang sudah cukup lama ini, kita berkeyakinan apa yang kita cita-citakan dalam membangun Sekolah tinggi tersebut akan bisa terlaksana dan berjalan dengan baik," pungkasnya.

Akbar juga menyebut bidang perikananan dna kelautan di negara Indonesia saat ini juga sangat menjanjikan, dengan memiliki laut dan sungai yang banyak dan memiliki brbagai potensi, bidang perikanan dan kelautan ini sangat menjanjikan bagi membangun berbagai bidang.   

Sementara Rektor Aras Mulyadi, mengucapkan terimaksih atas kepercayaan yang diberikan, hingga mau menjalin kerjasama dengan UR."Kepada Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, saya minta untuk segera melakukan pengusulan terkait pembukaan jurusan di Sekolah Tinggi Matauli ini, saya minta sebelum akhir tahun ini sudah diproses, karena pada Januari akan dilakukan moratorium untuk jurusan perikanan dan kelautan ini," pinta Rektor Aras.

Aras berharap jalinan kerjasama yang dilakukan bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak, dan tentunya betmanfaat bagi kemajuan pendidikan di Provinsi Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dalam Kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara UR dengan Universitas Islam Indragiri (Unisi), antara UR dengan Universitas Abdurrab, dan antara UR dengan PT Surveyor Indonesia (Persero).
 
 
Sumber : http://mediacenter.riau.go.id/read/25317/yayasan-matauli-sibolga-jalin-kerjasama-denga.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.