Header Ads

Link Banner

Guru Besar IE : Prosedur Perizinan Bisnis Harus Dibenahi


terasunri.web.id - Guru Besar Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Riau (UR), Prof Isyandi menyebut, bukan hanya kebijakan pemerintah daerah yang membelit masalah perizinan namun juga ketidaktahuan seseorang dalam berbisnis di tanah air.

Menurutnya investor yang kurang bersabar juga menjadi kunci terhambatnya bisnis di dalam negeri.

"Hambatan berinvestasi di tanah air itu saya melihat bahwa antusias investor itu besar tapi sayang masalah perizinan masih jadi kendala orang untuk investasi, biaya yang mahal menjadikan motivasi seseorang untuk berbisnis jadi turun atau drop. Namun di sisi lain sikap seorang pebisnis harusnya dapat bersabar dan mau mengantri, tidak semua usaha dapat diizinkan demi keamanan negara iya kan," jelas Isyandi dalam wawancara bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Sabtu (9/9/2017). 

Isyandi berharap pemerintah dapat menciptakan perizinan yang mudah tanpa harus mengantri secara fisik.

"Masyarakat ingin cepat dan tidak mau mengerti, saya menyarankan kita buat online semua perizinan ditanah air gak usah ada antrian dan ini akan buat pebisnis juga jadi nyaman dan mengerti," katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Nusa Dua Bali, Jumat (8/9/2017) menegaskan pemerintah berupaya keras untuk terus menyederhanakan proses perizinan agar semakin mudah dan cepat. 

"Kita ingin memperbaiki sistem-sistem yang ada sehingga terjadi sebuah kecepatan bagaimana pengurusan-pengurusan investasi, dunia usaha, ini bisa dikerjakan dengan cepat," kata Jokowi. 





Sumber 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.