Header Ads

Link Banner

Mahasiswa Kukerta Desa Sungai Cingam Taja Proker “Renovasi Pantai”


terasunri.blogspot.co.id - Tim Kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau (UR) Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis melaksanakan Program Kerja “Renovasi Pantai”. Dimana program itu sendiri adalah melakukan serangkaian kegiatan terpadu dan terpusat di pantai yang bertujuan untuk mempercantik dan memperindah wilayah sekitara pantai tersebut.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dipantai tersebut seperti pemasangan Sign Board atau papan-papan ukiran dengan tulisan gaya anak kekinian. Seperti ucapan Welcome to Ketapang Beach, Ketapang Beach tujuannya agar para pengunjung wisatawan bisa mengabadikan gambar-gambar terbaik nya di pantai tersebut.


Dede Wiranda selaku Penanggung Jawab Pelaksana Program Kerja “Renovasi Pantai” menuturkan bahwa tujuan diadakan atau dibuatnya sign board itu karena melihat bahwa pantai ketapang memiliki potensi, "Sejak pertama kali kami kesini, kali lihat pantai ini memiliki potensi wisata yang bagus. Namun belum ada hiasan ataupun papan plang-plang yang menunjukkan bahwa itu adalah pantai ketapang,"jelasnya.

Link Banner Hal itulah yang membuat mereka berinisiatif untuk membuat sign board yang menandakan bahwasanya itu adalah Pantai Ketapang dan untuk menambah keindahan atau spot-spot agar orang-orang bisa mengabadikan kenangan nya di pantai ketapang.

"Harapan nya nanti akan ada sign board – sign board yang dibuat oleh masyarakat Sungai Cingam terus bisa merawat dan menjaga dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, dan semoga pantai ini bisa dikelola dengan baik oleh pengelola pihak setempat dengan menambahkan fasilitas-fasilitas pendukung wisata seperti toilet, musholla, tempat ganti pakaian, diperbaiki tata letak dan pengelolaan parkir kendaraan”, tambah Dede.
Hal senada juga disampaikan Koordinator Kukerta Desa Sungai Cingam Ikhsan Siregar, ia mengatakan jika jadi terlaksana dalam waktu dekat ini akan melakukan kegiatan jalan santai, "Kita juga sudah membuat program kedepannya, yakni jalan santai berhadiah bersama masyarakat Desa sembari memungut sampah-sampah yang ada di sekitaran bibir pantai", ungkapnya.


Ia juga mengharapkan kepada pengelola pantai baik itu PT, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Perangkat Desa maupun Pemerintah Provinsi Riau lebih peduli lagi akan potensi wisata kita yang ada di Riau ini, "Yakni dengan memperbaiki akses jalan ke Pantai Ketapang agar masyarakat yang ingin berwisata ke sini tidak disulitkan lagi oleh akses jalan yang kurang memadai", tutupnya. (R/R)



Link Banner

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.