Header Ads

Link Banner

Prof Zulkarnain : Mahasiswa Baru Pascasarjana UR Tahun Ini 443 Mahasiswa

 
terasunri.web.id - Tidak kurang dari 443 mahasiswa baru kuliah di Program Pascasarjana (PPS) Universitas Riau (UR). Hal ini disampaikan Direktur PPS UR Prof Dr Zulkarnain saat kuliah umum yang digelar di Hotel The Premiere Pekanbaru, Rabu (13/9).

 "Mahasiswa Pascasarjana UR tercatat sebanyak 3.874, dengan tambahan 443 mahasiswa baru ini, maka total jumlah mahasiswa yang kuliah program magister dan doktor di Pascasarjana Universitas Riau saat ini mencapai 4.300 mahasiswa," sebut Prof Zulkarnain di hadapan mahasiwa yang memenuhi Ballroom Hotel pagi itu.

Zulkarnain menyebutkan, PPS UR terus menjadi tujuan mahasiswa untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan mereka. Hal ini seiring dengan terus meningkatnya kualitas kampus tersebut yang sudah masuk rangking 23 dari sekitar 4.000-an perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Ia menyebutkan, mahasiswa harus memahami bahwa UR merupakan pilihan dan kebanggan masyarakat Riau. Maka ia berharap para mahasiswa benar-benar dapat memanfaatkan waktu mereka selama berkuliah di kampus tersebut.



Zulkarnain menyebutkan, sebenarnya total ada 447 mahasiswa yang dinyatakan lulus, namun belakangan empat nama tidak mendaftar ulang dan dianggap mengundurkan diri. Kepada para mahasiswa ia mengingatkan kampus tersebut juga terkenal sebagai green campus dimana 58 persen hutan kota berada di kawasan kampus tersebut. Maka pada kesempatan tersebut, ia meminta agar mahasiswa PPS UR yang baru menjalani kuliah pada semester ganjil ini akan membawa biji pohon. Bibit-bibit pohon tersebut akan ditanam pada momen Milad UR yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Pada kesempatan yang sama, Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengingatkan kepada mahasiswa akan masa studi. Menurutnya masa studi mahasiswa magister dan doktor sudah ditetapkan oleh Kemenristek DIKTI yang sudah diedarkan oleh aturan yang jelas. Untuk ikut ujian magister maupun promosi doktor, juga harus melewati syarat-syarat wajib yang ditetapkan pemerintah tersebut.

"Aturan itu tertuang Peraturan KemenristikDikti Nomor 44/2015 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mulai Desember 2017 akan diberlakukan. Masa studi magister dan spesialis paling lama hanya 4 tahun, selesai tak selesai akan diselesaikan dengan 36 SKS. Ini masing-masing Prodi juga diminta menyesuaikan dengan kurikulum. Sementara untuk Program Doktor masa maksimalkan 7 tahun. Ini aturan yang ditetapkan pemerintah dan UR mendukung itu," sebut Rektor.




Sumber : http://m.riaupos.co/berita.php?act=full&id=161831&page=1

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.