Header Ads

Link Banner

Majelis Reboan BEM UR, Ada Apa Dengan RTRW Riau ?


terasunri.blogspot.co.id - Riau menjadi salah satu Provinsi di Indonesia yang saat ini belum memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) karena perdebatan panjang dari berbagai pihak. Hal ini tentu mengundang tanya bagi masyarakat. Sebenarnya kepentingan apa yang sedang diperdebatkan? Apakah benar bahwa yang diperjuangkan adalah kepentingan rakyat atau justru yang diperjuangkan adalah kepentingan para pemodal dan korporasi?


Hasil Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau menyepakati bahwa pada 11 September 2017 akan diadakan pengesahan RTRW Riau (http://pekanbaru.tribunnews.com/…/banmus-sepakati-pengesaha…). Hal ini tentu semakin menambah tanya bagi kita para mahasiswa, apakah sudah sepantasnya RTRW ini disahkan atau DPRD terlalu terburu-buru dalam mengambil langkah?

Salah satu pakar lingkungan Dr. Elviriadi M.Si memberikan tanggapan soal RTRW Provinsi Riau. Menurutnya, saat ini RTRW sedang berada pada posisi saling kunci oleh 3 kutub kepentingan; Pertama, kutub Public pressure, dimana di dalamnya berkumpul para pejuang lingkungan multi organisasi. Kedua, kutub regulator yang bertekad menegakkan aturan tata ruang, tetapi kondisi di lapangan sudah crowded (kacau balau), dan terakhir ada kutub yang bertekad untuk menghabisi hutan dan gambut di Riau.

Semakin banyak tanya yang muncul ketika pembahasan RTRW Riau dimunculkan. Tertarik untuk menemukan jawabannya?

BEM Universitas Riau mengundang seluruh kelembagaan dan Mahasiswa Universitas Riau untuk hadir dan menemukan jawaban atas berbagai tanya diatas dalam agenda “Majelis Reboan” dengan Tema “Ada Apa Dengan RTRW Riau” yang menghadirkan salah satu Pakar Lingkungan Riau yang gencar menyuarakan perlawanan Dr. Elviriadi, M.Si selaku pembicara.

Informasi Kegiatan :

Hari/Tanggal : Rabu, 6 September 2017
Tempat : Sekretariat BEM UR
Pukul : 16.00 WIB


Nb. Terbuka untuk Umum

Inisiator Peradaban: Bergerak, Berkarya, Berprestasi!
------------------------------------------------
Kementerian Lingkungan Hidup
Kabinet Pilar Peradaban
BEM Universitas Riau

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.