Header Ads

Link Banner

Tingkatkan Kualitas Produksi Kerupuk, Dosen UR Terapkan Teknologi Berbasis Biomassa

terasunri.web.id - Para dosen Universitas Riau (UR) yang terdiri dari Dr Juandi M MSi, dari Jurusan Fisika FMIPA UR, dan  Prof  Dr Jasril MSi dari Kimia FMIPA UR melakukan pengabdian kepada masyarakat, Rabu (2/8). 

Sasaran mereka yakni UKM Usaha Kerupuk Jangek (mitra 1) dan UKM Usaha Kerupuk Ikan (mitra 2). Kedua mitra ini bergerak dalam bidang usaha produksi kerupuk yang berada di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.  


Di sana, kedua dosen ini memberikan pelatihan terkait upaya memajukan usaha masyarakat. Mereka berkeinginan untuk membina UKM dengan teknologi tepat guna yaitu berbasis energi biomassa yang ramah lingkungan diberikan secara cuma-cuma guna meningkatkan kualitas dan produksi kerupuk yang dihasilkan.  




‘’Kolaborasi dosen fisika dan kimia ini diharap bisa membantu mengembangkan usaha masyarakat itu, khususnya dari segi efisiensi dengan penggunaan teknologi tepat guna dan dari segi mutu yang lebih higienes. Anggota UKM yang dibina antusias mengikuti pembinaan. Memang persoalan selama ini adalah rendahnya produksi karena pengeringan secara tradisional mengalami beberapa kelemahan yaitu  sangat tergantung pada cuaca, dan dapat terkontaminasi dengan polusi udara karena dijemur langsung di bawah matahari,’’ papar Dr Juandi.


Teknologi tepat guna ini dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dengan kegiatan ini, minimal pengetahuan mereka bisa meningkat. ‘’Kami harap omzetnya bisa meningkat,’’ tutur Prof Jasril



Sumber : http://www.riaupos.co/161871-berita-dosen-ur-terapkan-teknologi-pengeringan-berbasis-energi-biomassa-ramah-lingkungan.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.