Header Ads

Link Banner

UR Akan Jadi Lokasi Tes Wawancara dan Tertulis Balon Penghulu


terasunri.web.id - Kewenangan Penyelenggaraan Pemilihan Penghulu (Pilpeng) berada pada penyelenggara pilpeng di kepenghuluan. Sedangkan Tim Monitoring Pilpeng Serentak se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hanya memfasilitasi dan melakukan tunjuk ajar kepada Penyelenggara pilpeng dikepenghuluan baik itu Panitia Pelaksana Pilpeng, Panwas Pilpeng maupun BPKep yang menyelenggarakan Pemilihan Penghulu di kepenghuluannya.

Sementara dalam pembuatan bahan tes wawancara serta tes tertulis bagi Bakal Calon (Balon) Penghulu dalam Pilpeng serentak tahap II se Rohil Pemerintah Kabupaten Rohil dalam hal ini dibawah naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melalui Tim Monitoring Pemilihan Penghulu  bekerja sama dengan Universitas Riau (UR).

"Kita bekerja sama dengan UR dalam pembuatan bahan tes tertulis bagi balon penghulu yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 September nanti,"kata Ketua tim monitoring Kabupaten Tarmizi melalui Sekretaris nya Dino Predi,S,STP,M.Si kepada media ini Rabu (6/9/2017).

Pelaksanaan tes tersebut lanjut Dino,terbagi menjadi dua bagian.tim penguji tes wawancara dari Kabupaten yang orang-orangnya telah ditetapkan berdasarkan surat keputusan Bupati Rokan Hilir. sementara tes wawancara kedua dilakukan oleh ketua Pilpeng masing-masing kepenghuluan.

"Tes wawancara di bagi menjadi dua bagian.yang mana tim dari kabupaten orang-orangnya telah di tetapkan berdasarkan SK Bupati.sementara wawancara kedua dilakukan oleh ketua pilpeng kepenghuluan masing-masing,"paparnya.

Dino juga menyebutkan,untuk garis besar pertanyaan wawancara  telah di tetapkan oleh UR. Namun nantinya akan ada pengembangan dari panitia namun tidak akan lari dari garis besar yang telah ditetapkan oleh UR.

"Garis besar pertanyaan nya sudah di tetapkan oleh UR.walau pengembangan nya nanti ada di lakukan oleh panitia namun tidak boleh lari dari garis besar yang telah di tetapkan oleh UR,"jelas Dino.

Setelah itu lanjutnya lagi,selesai dilaksanakan tes wawancara serta tes tertulis maka ketua panitia  Pilpeng dari kepenghuluan masing akan membuat berita acara hasil dari tes tersebut diketahui oleh Tim Monitoring Pemilihan Penghulu Serentak Kabupaten Rokan Hilir.hal itu sesuai dengan Perbub No 9 Tahun 2017 tentang mekanisme pelaksanaan pilpeng.

"Usai pelaksanaan tes tim kabupaten dan kepenghuluan akan membuat berita acara hasil tes,"sebutnya.

Untuk persyaratan lolos  menjadi calon Penghulu maka Bakal calon penghulu harus mendapat nilai minimal 60.hal tersebut sesuai dengan Perbup No 9 Tahun 2017 pada ayat ke empat.


"Kelulusan sesuai dengan ayat empat itu balon tersebut harus mendapat nilai minimal 60.hasil tersebut akan diberita acarakan oleh masing-masing Ketua Panitia Pilpeng yang diketahui oleh Ketua dan Sekretaris Tim Monitoring.setelah itu Ketua Panitia Pilpeng Kepenghuluan mengeluarkan Surat Keputusan berdasarkan Berita Acara tersebut.kalau yang  bersangkutan lulus maka akan di keluarkan berita acara serta peringkatnya.yang tidak lulus juga tetap akan di surati,"pungkas Dino.


Sumber : http://www.nuansariau.com/2017/09/tes-wawancara-dan-tertulis-balon_5.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.