Header Ads

Link Banner

UR Digandeng PT Musim Mas Lanjutkan Program Masyarakat Bebas Api


terasunri.web.id - Program membuka lahan tanpa bakar, merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang tengah serius dilakukan perusahaan perkebunan di Kabupaten Pelalawan, Riau.

"Membuka lahan tanpa bakar merupakan lanjutan dari program kemarin (Masyarakat Bebas Api). Ini menjadi program kita dalam mendukung pemerintah," terang General Manager (GM) PT Musim Mas, Jerry Liu didampingi Humas, Veron S, kepada GoRiau.com, Rabu (6/9/2017).

Diterangkan dia, dalam program ini pihak perusahaan bekerja sama dangan Fakultas Pertanian Universitas Riau dalam mencegah karhutla dan pemanfaatan limbah sebagai kompos.

"Sehingga kita berfikir mencari cara untuk membuka lahan tanpa bakar tapi dengan biaya murah. Untuk itu kita menggandeng Universitas Riau dalam program ini," katanya.

Disampaikan Jerry, ada tida desa yang menjadi proyek percontohan dalam program ini, adalah Desa Tanjung Beringin, Desa Talau dan Desa Betung. Tahap awal masing-masing desa untuk melakukan buka lahan tanpa bakar seluas 5 hektare.

"Kita berikan pelatihan selama dua hari kepada tiga desa ini. Kalau memang proyek percontohan ini berhasil akan kita lanjutkan ke desa lainnya," ujarnya, pada acara pelatihan kegiatan pembukaan lahan tanpa bakar di Desa Tanjung Beringin, Talau dan Betung.

Menurutnya, membuka lahan tanpa bakar selain menjaga lahan dari terjadinya kebakaran, rajangan daun dan ranting hasil pembabatan bisa dimanfaatkan untuk kompos.

"Daun dan ranting yang dibabat dan sudah dicacah menggunakan mesin berkapasitas satu ton per jam dapat dimanfaatkan menjadi kompos," tandas Jerry.

Pada kesempatan sama, Vivi Puspita dari Universitas Riau menjelaskan bahwa program buka lahan tanpa bakar limbahnya dapat digunakan untuk pupuk.


"Masyarakat bisa membuka lahan tanpa bakar dan hasil olahan berupa kompos bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Tentu ini akan menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat," katanya.



Sumber : https://www.goriau.com/berita/umum/diinisiasi-musim-mas-tiga-desa-ini-jadi-percontohan-buka-lahan-tanpa-bakar.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.